KOMGEEK ::: CEGAH AKTIFITAS PEDOFILIA, YOUTUBE TUTUP KOLOM KOMENTAR DI VIDEO ANAK

Published by himalkom on

Hallo Ilkomerz!!!

Tahukah kalian, youtube akan menutup (disable) kolom komentar pada video yang menampilkan anak yang berumur 13 tahun kebawah?

Tujuan penutupan kolom komentar ini untuk mencegah para pedofil yang berkomentar negatif terhadap video tersebut.

Inisiasi ini menyusul video fenomenal yang diunggah channel YouTube “MattsWhatItIs” pada 17 Februari 2019. Video berdurasi 20 menit itu memperlihatkan bagaimana aksi pedofil mengancam keamanan anak-anak. Karena hal tersebut, beberapa merek kawakan seperti Nestle, Epic Games, GNC, Walt Disney, dsb, mencabut iklan mereka dari YouTube. Hal ini tentu berbahaya bagi kelangsungan bisnis YouTube.

Umumnya, seorang pedofil berkomentar vulgar lantas memancing pedofil lain untuk berbuat serupa. Alhasil, video anak-anak menjadi ladang para pedofil mengekspresikan hasrat.

Padahal, video anak-anak di YouTube sama sekali tak mengarah ke pornografi. Kebanyakan hanya memperlihatkan anak kecil bermain dan berolahraga.

YouTube mengklaim saat ini sudah menonaktifkan komentar di jutaan video yang menampilkan anak 13 tahun ke bawah. Dalam beberapa bulan ke depan, YouTube menargetkan hampir semua video anak-anak sama sekali tak bisa dikomentari.

Beberapa video anak tetap bisa dikomentari. Meski begitu, masih ada yang menjadi pengecualian. Menurut YouTube, ada sebagian kecil video anak-anak yang teridentifikasi tak berisiko kedatangan pedofil.

Misalnya saja video anak-anak yang mengulas mainan (toy reviews). YouTube tidak menonaktfikan kolom komentarnya, tetapi akan dimoderasi secara aktif.

YouTube akan menggunakan sistem machine learning (ML) baru untuk mengidentifikasi dan menghapus komentar-komentar predator.

Jadi gimana menurut kalian, ilkomerz? Apakah cara ini akan efektif?
Yang pasti pendampingan dari orang tua akan menambah peran penting bagi kasus ini.

Cr. Kompas.com
______________________________
Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer (Himalkom) IPB
CP: Leo (087772277711)
Add LINE@ Himalkom: @xmy8224x
Facebook: fb.com/himalkom
Twitter/IG: @HimalkomIPB
Web: himalkom.cs.ipb.ac.id

Categories: Komgeek