Zaman sekarang, perusahaan sudah membidik teknologi machine learning untuk menganalisis pola dalam data dan memprediksi apa yang akan terjadi di masa mendatang. Tak terkecuali 20th Century Fox yang sekarang menggunakan AI untuk memprediksi jenis film apa yang orang ingin lihat di masa mendatang.

Idenya berasal dari para peneliti di perusahaan tersebut. Mereka merilis sebuah paper bagaimana mereka, menggunakan machine learning, mengalisis trailer film frame per frame dan mengkategorisasi objek yang berada di sana, kemudian membandingkannya dengan audiens yang akan menonton film tersebut. Idenya adalah trailer dengan kategori objek yang mirip akan menarik audiens yang mirip pula.

Setelah bekerjasama dengan Google dan menggunakan framework AI buatan mereka, TensorFlow, lahirlah sebuah sistem AI yang mereka namakan, Merlin. Dalam sebuah blog mereka menceritakan bagaimana Merlin menganalisis trailer film Logan. Hasilnya? Lumayan. Merlin berhasil memprediksi 7 dari 20 film mendatang yang akan ditonton audiens dari film Logan, bersumber dari trailernya saja!

Bagiamana Ilkomerz, perkembangan teknologi AI ternyata begitu pesat ya! 
Sumber: theverge.com
====================
Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer (Himalkom) IPB
CP: Arga Putra Panatagama (081282089121)
Add LINE@ Himalkom: @xmy8224x
Facebook: fb.com/himalkom
Twitter/IG: @HimalkomIPB
Web: himalkom.cs.ipb.ac.id