Press Release : Computer Problem Solving Competition 2016, “Magic Code for A Fabolous Life”

Computer Problem Solving Competition (CPSC) 2016 baru saja diselenggerakan pada tanggal 19 dan 20 November 2016. CPSC merupakan bagian dari kegiatan Pesta Sains Nasional 2016 yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (BEM FMIPA) Institut Pertanian Bogor. Tahun ini, CPSC bertemakan “Magic Code for A Fabolous Life”, yang selaras dengan tema besar PSN, “Magical Science”. Diharapkan dari tema tersebut dapat memotivasi peserta untuk terus berinovasi dalam bidang teknologi, terutama bagian pembuatan sistem (programming).

 

Sabtu, 19 November 2016 sekitar 189 peserta yangberasal dari 72 sekolah SMA/Sederajat dari seluruh penjuru Indonesia menghadiri Gedung Graha Widya Wisuda pada pukul 08.00 untuk mengikuti rangkaian acara Pesta Sains Nasional. Kemudian, pada pukul 10.00 peserta dimobilisasi ke gedung Common Class Room(CCR) untuk mengikuti penyisihan CPSC.

Sebelum mengerjakan soal di gedung CCRpada ruang 1.05 dan 1.06, para peserta mengikuti technical meeting terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan ishoma. Setelah itu, pada pukul 13.00 para peserta mulai mengerjakan soal penyisihan sampai pukul 15.00. Kemudian para peserta dimobilisasi kembali ke GWW untuk kemudian dipulangkan dan beristirahat untuk esok hari.

 

 

Selain itu, Himalkom juga membuka stand di pelataran GWW, stand berisi produk-produk yang telah dibuat oleh mahasiswa ilmu komputer, seperti game-game BitArt Labs dan Angklung Master. Pada hari pertama dan kedua, stand ramai oleh pengunjung baik dari peserta CPSC maupun peserta PSN yang bukan CPSC, bahkan juga dikunjungi oleh masyarakat umum.

 

 

 

 

 

Minggu, 20 November 2016, 100 orang peserta CPSC yang memiliki ranking tertinggi dimobilisasi ke Auditorium CCR. Sebelum masuk ke Auditorium CCR, para peserta melakukan registrasi ulang. Kemudian, pada pukul 08.00 ketua pelaksana  CPSC, M. Murtadha Ramadhan mengumumkan 30 orang peserta yang lolos ke babak semifinal. Para peserta yang lolos ke babak semifinal kemudian dimobilisasi ke ruang 1.06 untuk mengerjakan soal semifinal selama 140 menit. Sementara itu, 70 orang peserta CPSC yang tidak lolos tetap berada di Auditorium CCR untuk mengikuti rangkaian acara yang telah dipersiapkan oleh panitia.

 

Sebelum memasuki rangkaian seminar, acara dibuka dengan tilawah yang dibacakan oleh M. Kholili (Ilkom 52). Rangkaian acara yang pertama adalah seminar, yang terdiri dari dua seminar IT dan satu seminar departemen. Seminar IT sesi pertama dimoderatori oleh M. Naufal Farras (Ilkom 51) dan diisi oleh Sigit Prabowo (Ilkom 50) mengenai “Game Development”. Sigit Prabowo merupakan salah satu anggota dari tim BitArtLabs yang telah memenangkan banyak perlombaan aplikasi permainan. Pada saat sesi tanya jawab, tampak para peserta antusias bertanya banyak hal pada Sigit.

 

Seminar IT sesi ke-2 dimoderatori oleh Muhammad Rizqi (Ketua Himalkom Periode 2015-2016, Ilkom 50) dan diisi oleh Albert Mario (anggota tim CSI, Ilkom 51). CSI (Cyber Security IPB) merupakan salah satu komunitas yang ada di Himalkom. Fokus CSI adalah mengikuti lomba-lomba CTF (Capture The Flag) yang merupakan simulasi hacking. Banyak perlombaan dan penghargaan yang telah diraih oleh CSI. Pada saat tanya jawab, antusiasme peserta tidak kalah dengan sesi tanya jawab saat sesi pertama.

 

Seminar berikutnya adalah Seminar Departemen, yang dimoderatori oleh Khaidir Afif (Ketua Himalkom Periode 2014-2015, Ilkom 49) dan diisi oleh Bapak Auzi Asfarian (Komisi Kemahasiswaan Ilmu Komputer). Pak Auzi memberikan gambaran kepada peserta apa yang dipelajari di Ilmu Komputer. Antusiasme peserta masih terjaga pada sesi tanya jawab. Sesi seminar departemen ini juga diikuti oleh para peserta yang telah menyelesaikan babak semifinal.

Pengumuman Finalis dibacakan oleh Guntur Putra Pratama (Ilkom 51) dan Devira Vrizal (Ilkom 50) selaku MC. Setelah itu peserta dimobilisasi untuk ishoma (istirahat, salat, makan). Selanjutnya peserta yang lolos ke babak Final kembali ke CCR 1.06 untuk mengerjakan soal selama 40 menit. Peserta lainnya kembali ke Auditorium CCR untuk mengikuti Ekspo 4 Komunitas yang ada di Himalkom terdiri dari CSI, Game Development, Agriweb, danAgricoder.

 

Selanjutnya para Finalis dimobilisasi ke CCR untuk mengikuti babak LCT (Lomba Cepat Tepat). LCT terdiri dari 30 soal rebutan. Juri LCT terdiri dari 4 orang yaitu, Pak Auriza Akbar (Dosen Ilmu Komputer), Pak Muhammad Abrar Istiadi (Dosen Ilmu Komputer), Fakhri Izzuddin (Ilkom 50), dan Saeful Ramadhan (Ilkom 52). Setelah babak LCT, para peserta dimobilisasi kembali ke GWW untuk pengumuman pemenang. Persentase nilai LCT adalah 40%, 60% sisanya diambil dari final tertulis.

Pemenang CPSC tahun ini adalah:

  1. Giffary Alfatah Abiyu Otslan (SMA Pribadi Depok)
  2. Rania Rusly (SMA Santa Ursula)
  3. Daniel Alfred (SMA Penabur Brilliant)

Selamat kepada para pemenang! Sampai ketemu di CPSC 2017!