Press Release : Seminar Nasional IT Today 2016

snd_0161

Gambar 1. Seminar Nasional IT TODAY 2016 di Auditorium Andi Hakim Nasution

Pada hari Minggu, 18 September 2016 telah dilaksanakan Seminar Nasional IT TODAY 2016 di Auditorium Andi Hakim Nasution, Institut Pertanian Bogor.

Acara ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mensosialisasikan perkembangan teknologi informasi kepada masyarakat dan memotivasi mereka unuk mengembangkan dirinya melalui teknologi informasi.

snd_0014
Gambar 2. Suasana registrasi ulang peserta seminar

Para peserta seminar mulai melakukan registrasi ulang pada pukul 8. Acara resmi dimulai pada pukul 08.45 setelah MC yang dibawakan oleh Wisnu Febry Pradana dan Devira Vrizal membuka acara Seminar Nasional yang dilanjutkan dengan sambutan oleh Muhammad Aslam Abdurrohim selaku KetuaPelaksana IT TODAY 2016.

Panji Wasmana, selaku CTO IBM Indonesia, membuka sesi pertama dari Seminar IT dengan tema “Raising Knowledge of Artificial Intelligence Technology for A Perfect Impact in Indonesia” yang dimoderatori oleh Ardhi Ma’arik. Beliau menjelaskan bagaimana teknologi AI yang berkembang sudah mengarah ke Cognitive Computing. Watson, salah satu produk IBM, yang menerapkan teknologi Cognitive Computing bisa membantu manusia dalam berbagai hal, seperti mendiagnosa suatu penyakit hingga bahkan mendesain baju.

snd_0068

Gambar 3. Panji Wasmana, CTO IBM Indonesia, menyampaikan materi mengenai Artificial Intelligence

snd_0115
Gambar 4. Perkusi BIOS Ilmu Komputer

BIOS Ilmu Komputer IPB pun ikut menyemarakkan acara ini. Dengan menampilkan perkusi, mereka menghibur para peserta seminar.

Acara dilanjutkan dengan seminar sesi 2 dengan tema “What is a Virtual World and How Can It be Used for Education” yang diisi oleh Adam Ardisasmita selaku CEO Arsanesia dan dimoderatori oleh Sigit Prabowo. Beliau menjelaskan bahwa Virtual Reality (VR) dapat dikembangkan untuk membantu dunia pendidikan. Namun pengembangan teknologi VR ini masih menemui banyak kendala, seperti spesifikasi dari device yang menjalankan VR harus memiliki spesifikasi yang tinggi, sehingga hanya device tertentu saja yang bisa menjalankannya.

snd_0133

Gambar 5. Adam Ardisasmita, CEO Arsanesia, sedang menyampaikan materi mengenai Virtual Reality

Setelah seminar sesi 2 selesai, peserta seminar diajak untuk melihat-lihat booth showcase para finalis IPB Game Development Competition (IGDC). Para finalis dengan semangat mempresentasikan dan mendemonstrasikan gamenya kepada para pengunjung untuk memperebutkan juara “booth favorit”.

snd_0189

Gambar 6. Booth finalis IGDC, Ai Game Studio, yang menjadi booth favorit pengunjung

img_2980
Gambar 7. Startup Talkshow dengan pemateri dari Jojonomic dan iGrow

Penampilan Akustik dari Poyema membuka kembali acara Seminar IT. Acara dilanjutkan dengan seminar sesi 3 yang berupa Startup Talkshow dengan pembicara dari CTO Jojonomic, Abdul Qifli Sangadji dan CEO iGrow, Andreas Senjaya. Talkshow ini dimoderatori oleh Gema Abriantini.

img_3054
Gambar 8. Sesi foto bersama dengan para juara dari kompetisi IT TODAY 2016

Acara ditutup dengan pembacaan para pemenang lomba IGDC dan ISC. Berikut adalah daftar pemenang kompetisi IGDC dan ISC.

Juara IGDC

  1. 3GBox Games 4.000.000,-
  2. ADA Game Studio denganhadiahRp. 3.000.000
  3. 23:59 denganhadiahRp. 2.000.000

Juara ISC

  1. 2.000.000
  2. TeukuAmrullah Faisal denganhadiahRp. 1.500.000
  3. Pusaka Kaleb SetyabudidenganhadiahRp. 1.000.000

Selamat untuk para pemenang, dan sampai jumpa lagi di IT TODAY 2017!