Press Release Workshop Data Mining for Competition

Sabtu 30 April 2016, Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer mengadakan workshop bertemakan Data Mining for Competition untuk seluruh mahasiswa Ilmu Komputer IPB.  Kegiatan ini diadakan di Laboratorium NCC Ilmu Komputer pada pukul 11.00  hingga 14.00 WIB.

 

daming3

Kegiatan workshop dilaksanakan di Laboratorium Ilmu Komputer NCC yang dihadiri oleh 13 orang peserta. Kegiatan ini dimulaidaripukul 11.00 hingga 15.00 WIB.  Pembicara yang dihadirkan pada workshop kali ini yaituYuandri Trisaputra (KOM49) danOktarina Safar Nida (STK 49). Mereka adalah finalis dan juara 2 pada cabang lomba data mining di Gemastik 8.

Sesi pertama dijelaskan gambaran umum dan pengenalan data mining. Dipresentasikan oleh Yuandri Trisaputra dan dilanjutkan oleh Oktarina Safar Nida. Isi presentasi yaitu pengertian data mining, teknik dalam data mining, dan contoh aplikasi data mining.

daming5

Sesi selanjutnya yaitu tutorial pemakaian software datamining “WEKA” yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Para peserta diberikan gambaran soal data mining on sitedan tips pengerjaannya. Adapun tips-tips pengerjaan data mining on site yang diberikan oleh Yuandri dan dan Oktarina:

  1. Manfaatkan waktu dengan baik (8 jam hanya sebentar!).
  2. Targetkan waktu untuk praproses dan analisis sehingga waktu untuk analisis tidak tersita oleh waktu praproses data.
  3. Formulasikan algoritma yang telah dibentuk dengan benar. Uji coba harus dilakukan sebelum memprediksi data test yang akan diberikan panitia.
  4. Jangan panik ketika diberikan data test, kerjakan apa yang selagi bisa dikerjakan.
  5. Berjuang sampai waktu penghabisan.

daming2

daming4

Banyak sekali manfaat yang diperoleh dari workshop datamining kali ini. Semoga setelah diadakannya workshop ini dapat memotivasi para peserta dan memberikan informasi berupa gambaran umum mengenai kompetisi data mining. Sehingga akan muncul calon juara baru yang akan mengharumkan Institut Pertanian Bogor, khususnya Departemen Ilmu Komputer.

 

daming1

Salam,

Kabinet Localhost Himalkom IPB!
#SiapSemangatDahsyat

Penulis: ARD.